pasang iklan

Koperasi dan Faktor Pendukung Untuk Kemajuan Koperasi

Di Koperasi, Koperasi Indonesia

Koperasi dan Faktor Pendukungnya – Koperasi sebagai salah satu sektor ekonomi merupakan kerjasama yang bersifat ekonomi. Koperasi berasal dari kata Co dan Operation yang mengandung arti bekerja sama untuk mencapai tujuan. Berarti koperasi adalah kumpulan orang atau badan hukum bekerja sama yang memberikan. kebebasan masuk dan keluar sebagai anggota untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat umumnya.

Pengertian Koperasi

Beberapa pakar mengemukakan :

Menurut Internasional Cooperative Alliance (ICA) buku The Cooperative Principles karangan P.E. Weraman memberikan definisi sebagai berikut : Adalah kumpulan orang-orang atau badan hukum, yang bertujuan untuk perbaikan sosial ekonomi anggotanya dengan memenuhi kebutuhan anggotanya dengan jalan berusaha bersama saling membantu antara yang satu dengan yang lainnya dengan cara membatasi keuntungan usaha tersebut harus didasarkan atas prinsip-prinsip ekonomi.

Dr. Mohammad Hatta, Adalah bangunan organisasi sebagai badan usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Semua bertanggung jawab dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Dalam Undang-undang Perkoperasian No.25 tahun 1994 pasal 1 ayat 1 sebagai berikut : Adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melaksanakan kegiatannya berdasarkan prinsip sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar asas kekeluargaan dan merupakan milik para anggota sendiri diatur sesuai dengan keinginan para anggota. Tidak ada paksaan dan campur tangan pihak lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan koperasi. Pembagian pendapatan benar-benar harus berdasarkan besar kecilnya karya dan jasa anggota.

Unsur-unsur pengertian koperasi

Beranggotakan orang-orang atau badan-badan hukum, Badan hukum adalah suatu badan yang secara hukum mempunyai hak dan kewajiban sebagai badan/organisasi dapat menuntut dan dituntut. Usaha bersama, Berarti bahwa dalam organisasi ini pertumbuhan kegiatan usaha didasarkan pada kesamaan kegiatan dan kepentingan ekonomi anggota.

Asas kekeluargaan, Artinya berdasarkan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi dan kepentingan bersama para anggotanya dalam usaha kerjasama, bantu membantu diantara anggota organisasi dengan pengurus.

Kegiatan berdasarkan prinsip berperan untuk memperjuangkan kepentingan anggota dan perlu membangun diri menjadi kuat dan mandiri sebagai soko guru perekonomian nasional dan berdasarkan kepentingan ekonomi untuk mencapai kesejahteraan anggota serta merupakan sistem ekonomi yang sesuai dengan kehidupan masyarakat. Usaha peningkatan pembinaan perekonomian harus dijalankan, bersifat menyeluruh dan terpadu.

Lambang Koperasi dan Artinya

lambang koperasi dan artinya

  1. Rantai : Menggambarkan persahabatan yang kokoh
  2. Gigi Roda : Menggambarkan Usaha Karya yang terus menerus.
  3. Kapas dan Padi : Menggambarkan kemakmuran rakyat yang diusahakan dan yang akan dicapai.
  4. Timbangan : Menggambarkan keadilan sosial
  5. Bintang dan perisai : Menggambarkan Pancasila dan merupakan landasan idiil.
  6. Pohon Beringin : Menggambarkan sifat kemasyarakatan dan berkepribadian Indonesia dan yang kokoh serta berakar.
  7. Koperasi Indonesia : Menandakan bahwa lambang ini adalah lambang kepribadian koperasi rakyat Indonesia.
  8. Warna merah dan warna putih : Menggambarkan sifat nasional, golongan dan warna putih karya koperasi.

Landasan Koperasi

Landasannya yaitu Pancasila yang merupakan pandangan hidup bangsa dan negara serta merupakan sumber dari segala hukum yang berlaku di Indonesia. Sudah menjadi itikad negara kita bahwa Pancasila merupakan asas tunggal semua kekuatan politik dan sosial.

Cara-cara penerapan pengalaman Pancasila yaitu :

  1. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Setiap anggota wajib menghayati agama yang dianutnya dan Selalu berlaku jujur.
  2. Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, diantaranya : Bertindak demokratis dan Berasaskan kekeluargaan serta Tidak membedakan status setiap anggota
  3. Sila Persatuan Indonesia, Tidak membedakan suku bangsa dan paham politik setiap anggotanya dan memajukan kebersamaan.
  4. Sila Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyarawaratan/ Perwakilan, Demokrasi Pancasila paling diutamakan, Mengutamakan musyawarah diantara sesama anggotanya dan memiliki rasa tanggung jawab dan tenggang rasa.
  5. Sila Keadilan Sosial Bagi seluruh Rakyat Indonesia di antaranya : Bertindak seadil-adilnya diantara sesama anggotanya. Selain kepentingan anggota, kepentingan masyarakat sekitarnya perlu mendapat perhatian. Bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan dan landasan yang mendasar diterapkan dalam kegiatan koperasi dapat diharapkan tujuan untuk mensejahterakan anggota maupun masyarakat akan tercapai.

Landasan Undang Undang Dasar 1945, Berlandaskan pada UUD 1945 Pasal 33 ayat (1) berbunyi : “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan”.

Asas Koperasi

Dalam Koperasi Indonesia kepribadian sebagai pencerminan kehidupan yang dipengaruhi keadaan dan lingkungan yang berdasarkan atas asas kekeluargaan bersemboyan Bhinneka Tunggal Ika. Asas kekeluargaan terdapat keinsyafan, kesadaran, dan tanggung jawab terhadap kerja tanpa memikirkan kepentingan diri sendiri tetapi untuk kesejahteraan bersama.

Tujuan Koperasi 

Bertujuan menyejahterakan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkanmasyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Baca Juga:   Tugas dan Tanggung Jawab Pengurus Koperasi

Tinggalkan pesan "Koperasi dan Faktor Pendukung Untuk Kemajuan Koperasi"

sixteen − 1 =

Baca Juga×

Top