pasang iklan

Cara Budidaya Ikan Lele

Di Cara Budi Daya Ikan, Kumpulan Cara Cara
Cara Budidaya Ikan Lele – Cara budidaya ikan lele sangat mudah, ikan lele adalah ikan yang mampu hidup dalam kepadatan yang tinggi. Usaha budidaya ikan lele ini ada dua macam, yaitu pembenihan dan pembesaran. Pembenihan ikan lele adalah untuk mencari ikan lele yang baik dan berkualitas. Pembesaran adalah untuk menghasilkan ikan yang siap untuk dikonsumsi. Ikan lele memiliki nama latin Clarias, berasal dari bahasa Yunani chlaros, yang berarti lincah, kuat, merujuk pada kemampuannya untuk tetap hidup dan bergerak di luar. Budidaya ikan lele dapat dilakukan pada kolam terpal, kolam semen atau kolam tanah.
Berikut adalah Cara Budidaya Ikan Lele

1.Kolam Untuk Budidaya Ikan Lele

Cara Budidaya Ikan Lele
Ikan Lele

Untuk kolam ada banyak jenis kolam, mulai dari kolam terpal, kolam tanah dan kolam semen. Semua di sesuai dengan kebutuhan. Namun pada umumnya kolam yang digunakan untuk budidaya ikan lele adalah kolam tanah, kolam semen, kolam terpal, jaring apung dan keramba. Akan tetapi artikel yang akan dibahas adalah untuk kolam tanah.

a. Pengolahan Tanah atau Pengeringan

Pengolahan tanah atau Pengeringan sangat penting, setelah kolam selesai digali biarkan kolam selama kurang lebih satu minggu atau dapat di lihat bila kondisi dinding kolam sudah mulai retak. Namun ini tergantung dengan kondisi alam seperti terik matahari.

b. Pengapuran dan Pemupukan

Dalam pembuatan ikan lele membutuhkan Pengapuran dan Pemupukan. Jenis kapur yang biasa digunakan adalah dolomit atau kapur tohor. Sebarkan pupuk secara merata pada permukaan dasar kolam. Dosis yang diperlukan untuk pengapuran adalah 250-750 gram per meter persegi, atau tergantung pada derajat keasaman tanah. Semakin asam tanah semakin banyak kapur yang dibutuhkan.

c. Pengaturan air kolam

Untuk air kolam anda dapat menggunakan air sungai, air sumur atau air dari PDAM. PH air antara 6,0 – 7,5. Jika bisa anda hindari menggunakan air hujan murni karena PH air hujan antara 3,0 – 4,5. Silahkan campur air hujan dengan air yang ber PH normal. lalu anda diamkan air kolam selama 1 – 2 minggu hingga berwarna kehijauan sebelum memasukkan bibit lele. Untuk air anda harus rajin untuk mengontrol. Ini dilakukan untuk tetap menjaga kuantitas dan kualitas air.

2. Pemilihan Bibit Ikan

a. Bibit Unggul

Sebaiknya anda pilih bibit lele unggulan. akan tetapi jika anda tidak mengetahui asal usulnya, standar minimal adalah bibit sehat saat dimasukkan ke kolam pembesaran. Standar ukuran bibit adalah bibit ukuran  2 – 3 cm s/d 6 – 7 cm.

b. Pakan

Pakan harus diberikan setiap hari dan cukup, jangan terlalu berlebihan. Ikan lele merupakan ikan karnivira. Memangsa sesamanya bila merasa lapar. Namun pada umumnya setiap harinya ikan lele memerlukan pakan 3-6% dari bobot tubuhnya. Berilah pakan sekitar 4 hingga 5 kali perhari.

c. Pakan Tambahan

Anda dapat memberikan tambahn pakan ikan lele seperti memberikan ikan yang sudah tidak layak di konsumsi. Jika anda telaten, anda dapat merajang siput atau bekicot, potongan daun pepaya atau daun singkong. Ini sebagai vitamin alami untuk ikan lele.

3. Pengendalian Penyakit

Budidaya ikan lele tidak lepas dari penyakit. Ikan Lele biasanya mengalamin penyakit seperti

  • Cacar dan luka kulit
  • Sungut keriting dan putus
  • Insang merah / hitam
  • Sirip geripis
  • Perut buncit dan merah
  • Hilang keseimbangan

Semua penyakit di atas disebabkan oleh bakteri gram positif dan negatif, juga virus dan jamur. Jangan biarkan hingga bertambah parah dan mati !!! Solusinya: Berikan obat lele selama beberapa hari hingga sembuh. Ada berbagai macam obat untuk penyakit ikan lele, anda dapat mencari obatnya di toko pertanian terdekat dan tanyakan mengenai obat untuk penyakit ikan lele.

Demikianlah artikel kami tentang Cara Budidaya Ikan Lele kiranya dapat bermanfaat

Pencarian Terkait:

Baca Juga:   Cara Mudah Mengetahui Blog-Web Kena Banned
  1. author

    Asep Haryono2 tahun yang lalu

    Asyyik nih. Bisa dicoba untuk memelihara IKAN LELE. Soalnya saya fans berat menu menu PECE LELE hiheihee Makasih sudah berbagi,. Salam kami sekeluarga di Pontianak. Kalimantan Barat

    Balas
  2. author

    Asep Haryono2 tahun yang lalu

    Asyyik nih. Bisa dicoba untuk memelihara IKAN LELE. Soalnya saya fans berat menu menu PECE LELE hiheihee Makasih sudah berbagi,. Salam kami sekeluarga di Pontianak. Kalimantan Barat

    Balas
  3. author

    Asep Haryono2 tahun yang lalu

    Asyyik nih. Bisa dicoba untuk memelihara IKAN LELE. Soalnya saya fans berat menu menu PECE LELE hiheihee Makasih sudah berbagi,. Salam kami sekeluarga di Pontianak. Kalimantan Barat

    Balas
  4. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Sama dong mas, Saya juga penggemar ikan lele dan pecel lele.. Salam juga mas.. 🙂

    Balas
  5. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Sama dong mas, Saya juga penggemar ikan lele dan pecel lele.. Salam juga mas.. 🙂

    Balas
  6. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Sama dong mas, Saya juga penggemar ikan lele dan pecel lele.. Salam juga mas.. 🙂

    Balas
  7. author

    IQROZEN2 tahun yang lalu

    Mantabs saya gemar ikan lele tapi sayang belum sempata punya usaha budi daya sendiri, boleh lah buat masa datang nanti hehe

    Balas
  8. author

    IQROZEN2 tahun yang lalu

    Mantabs saya gemar ikan lele tapi sayang belum sempata punya usaha budi daya sendiri, boleh lah buat masa datang nanti hehe

    Balas
  9. author

    IQROZEN2 tahun yang lalu

    Mantabs saya gemar ikan lele tapi sayang belum sempata punya usaha budi daya sendiri, boleh lah buat masa datang nanti hehe

    Balas
  10. author

    Ainnul Yaqin2 tahun yang lalu

    langsung saya copas nih gan Cara budidaya lele nya kebetulan saya lagi mau bukla bisnis lele 😀

    Balas
  11. author

    Ainnul Yaqin2 tahun yang lalu

    langsung saya copas nih gan Cara budidaya lele nya kebetulan saya lagi mau bukla bisnis lele 😀

    Balas
  12. author

    Mbak Susi2 tahun yang lalu

    cocok bingit yang akan mulai bisnis ini nih mas 🙂

    Balas
  13. author

    Mbak Susi2 tahun yang lalu

    cocok bingit yang akan mulai bisnis ini nih mas 🙂

    Balas
  14. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Silahkan Di Coba Mas Abu.. Hehehe

    Balas
  15. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Silahkan Di Coba Mas Abu.. Hehehe

    Balas
  16. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Silahkan Mas Ainnul Di Copas. Siapa Tahu Di butuhkan.. 🙂

    Balas
  17. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Silahkan Mas Ainnul Di Copas. Siapa Tahu Di butuhkan.. 🙂

    Balas
  18. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Iya Mbak Susi, Hasilnya Cukup Lumayan Jika Kita Telaten 🙂

    Balas
  19. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Iya Mbak Susi, Hasilnya Cukup Lumayan Jika Kita Telaten 🙂

    Balas
  20. author

    Wong Crewchild2 tahun yang lalu

    wah pas panget, sudah beberapa bulan lalu beli terpal pengin bikin kolam lele, nggak jadi2.
    bibitnya neh yg belum nemu

    Balas
  21. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Wahhh…. jadi sudah punya rencan mau bisnis ikan lele ya mas?

    Balas
  22. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Wahhh…. jadi sudah punya rencan mau bisnis ikan lele ya mas?

    Balas
  23. author

    Ipah Kholipah2 tahun yang lalu

    izin menyimak aja ya hehehe

    Balas
  24. author

    Ipah Kholipah2 tahun yang lalu

    izin menyimak aja ya hehehe

    Balas
  25. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Silahkan di Simak Mbak Ipah.. 🙂

    Balas
  26. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Silahkan di Simak Mbak Ipah.. 🙂

    Balas
  27. author

    ana sriwahyuni2 tahun yang lalu

    pinjam dana ke Kop Lestari bisa juga kan mas buat budidaya ikan lele.. 🙂 kira-kira biaya atau modal yang dibutuhkan berapa ya mas?
    untuk ukuran kolam misalnya 3×4 kira-kira berapa ikan lele yang perlu dimasukkan karena kalau tidak sesuai juga bisa membuat ikan lele stres 🙂
    terimakasih..

    Balas
  28. author

    ana sriwahyuni2 tahun yang lalu

    pinjam dana ke Kop Lestari bisa juga kan mas buat budidaya ikan lele.. 🙂 kira-kira biaya atau modal yang dibutuhkan berapa ya mas?
    untuk ukuran kolam misalnya 3×4 kira-kira berapa ikan lele yang perlu dimasukkan karena kalau tidak sesuai juga bisa membuat ikan lele stres 🙂
    terimakasih..

    Balas
  29. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Pinjaman dana dari kami hanya berlaku untuk daerah kami saja mbak. Dan untuk jumlah ikan yang harus di masukkan adalah 200 hingga 400 ekor per meter persegi.. 🙂

    Balas
  30. author

    santika fadilah2 tahun yang lalu

    horeee ntar malam ada yang mau ngirim pecel lele buat aku, makasih yaa hehe

    Balas
  31. author

    santika fadilah2 tahun yang lalu

    horeee ntar malam ada yang mau ngirim pecel lele buat aku, makasih yaa hehe

    Balas
  32. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Mbak Santika ada ada saja.. hehehehe.. nanti saya transfer deh mbak pecel lelenya… hohohoh

    Balas
  33. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Mbak Santika ada ada saja.. hehehehe.. nanti saya transfer deh mbak pecel lelenya… hohohoh

    Balas
  34. author

    Marnes Kliker2 tahun yang lalu

    Penjelasan mengenai "Cara Budidaya Iklan Lele" cukup lengkap dan jelas nie mas, saya ijin bookmark ya, kebetulan ada seorang temen saya yang sedang merintis usaha budidaya ikan lele ini mas, bahkan saking pengennya dia rela keluar dari kerjaanya dan memutuskan untuk berwirausaha budidaya iklan lele, makasi ya atas sharingnya 🙂

    Balas
  35. author

    Marnes Kliker2 tahun yang lalu

    kalo dah sukses jangan lupa jatah buat saya ya Mas Ainnul 😀

    Balas
  36. author

    Marnes Kliker2 tahun yang lalu

    kalo dah sukses jangan lupa jatah buat saya ya Mas Ainnul 😀

    Balas
  37. author

    Indra Kusuma Sejati2 tahun yang lalu

    jadi pengen pecel lele mas. 😀

    Salam

    Balas
  38. author

    Indra Kusuma Sejati2 tahun yang lalu

    jadi pengen pecel lele mas. 😀

    Salam

    Balas
  39. author

    Wong Crewchild2 tahun yang lalu

    lumayan buat dipancing ajah 🙂
    asik juga buat hiburan, nah syukur2 jadi ladang bisnis..hehe

    Balas
  40. author

    Wong Crewchild2 tahun yang lalu

    lumayan buat dipancing ajah 🙂
    asik juga buat hiburan, nah syukur2 jadi ladang bisnis..hehe

    Balas
  41. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Waahh.. Luar Biasa Nekat itu Mas Marnes. Sampe Keluar Dari Pekerjaan demi untuk bisnis budidaya ikan lele.. Kiranya, pilihan teman mas marnes menjadi yang terbaik ya mas.. Amin, 🙂

    Balas
  42. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Waahh.. Luar Biasa Nekat itu Mas Marnes. Sampe Keluar Dari Pekerjaan demi untuk bisnis budidaya ikan lele.. Kiranya, pilihan teman mas marnes menjadi yang terbaik ya mas.. Amin, 🙂

    Balas
  43. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Hehehe Mas Indra pengen makan pecel lele yaa.. yuk mas, kita borong pecel lele.. 😀

    Balas
  44. author

    KOPERASII LESTARI2 tahun yang lalu

    Hehehe Mas Indra pengen makan pecel lele yaa.. yuk mas, kita borong pecel lele.. 😀

    Balas

Tinggalkan pesan "Cara Budidaya Ikan Lele"

seventeen + 12 =

Baca Juga×

Top