Apa Itu Nilai-Nilai Koperasi?

Agen Bola
Apa Itu Nilai-Nilai Koperasi? - Nilai-nilai koperasi adalah standar moralitas dan etika yang disepakati berdasarkan tradisi para pendirinya yang dijadikan landasan ideologi koperasi dalam mencapai cita-citanya. Nilai-nilai koperasi yang dimaksud meliputi : menolong diri sendiri, tanggung jawab pribadi, demokrasi, persamaan, keadilan, kesetia kawanan, kejujuran, keterbukaan, tanggung jawab sosial, serta kepedulian kepada orang lain.

Inti dari norma-norma atau aturan-aturan adalah nilai Koperasi, yaitu konsep-konsep atau pengertian-pengertian yang dipahami, dihayati, dan dianggap bermanfaat serta disepakati oleh sebagian besar anggota masyarakat Koperasi untuk dijadikan pengikat di dalam berperilaku kelompok koperasi. 

Nilai Nilai Koperasi
Nilai-nilai koperasi itu ada dua macam :

a.    Ide-ide dasar dan etika dasar; falsafah dasar koperasi
b.    Prinsip dasar, yaitu pedoman instrumental bagi praktek koperasi.

Baca Juga :

Adapun ide atau gagasan dasar Koperasi yang relatif permanen :
  1. Menolong diri sendiri dan solidaritas; menolong diri sendiri bukan dalam bentuk tindakan individual secara terpisah dari tindakan bersama, tetapi melalui kebersamaan atau joint action
  2. Demokrasi; satu orang satu suara
  3. Peranan modal yang terbatas; harus selalu dihindarkan adanya dominasi modal yang mengancam hilangnya sarana keadilan dan kemanusiaan.
  4. Ekonomi; koperasi itu bukan badan sosial, atau organisasi masa/politik, tetapi organisasi ekonomi di mana dinamika perkembangannya terkait erat dengan solidaritas sosial para anggotanya. Jadi intinya efisiensi, maka manfaat ekonomi koperasi akan dirasakan oleh anggotanya.
  5. Kebebasan; prakondisi bagi inidividu untuk mengembangkan aspirasinya tanpa tekanan.
  6. Keadilan; unsur sosial psikolgis yang harus selalu diperhatikan dalam koperasi.

Etika dasar yang paling utama dan tak boleh diabaikan adalah :
  1. Kejujuran; sesuai dengan apa yang dipelajari/dimengerti, tidak ada manipulasi-manipulasi yang bisa memberi kesan lain
  2. Kepedulian; nilai yang mengantarkan kepada sikap kemanusiaan, artinya selalu sadar bahwa hidup itu tidak sendirian.
  3. Kemajemukan (pendekatan demokratis); kenyataan yang harus selalu disadari oleh para koperasiawan (insan Koperasi), kenyataan menunjukkan bahwa orang-orang yang menjalani nasib yang sama dalam tingkat kehidupan sosial-ekonomi memiliki latar belakang sosial yang berbeda-beda, tetapi mempunyai kesamaan kepentingan.
  4. Konstruktif (percaya kepada cara-cara koperasi); merasa yakin atas keampuhan koperasi berdasarkan karakteristiknya yang sudah dipahami dengan baik. Artinya harus memiliki kepercayaan bahwa permasalahan yang mereka hadapi (skala individual, kelompok lokal, regional, dan nasional) dapat diatasi dengan cara-cara koperasi, artinya koperasi bukan hanya berbeda dengan yang lain akan tetapi juga memiliki keunggulan komparatif.
Demikian penjelasan tentang apa itu Nilai-Nilai Koperasi. Kiranya dapat Bermanfaat. Terima kasih

Related : Apa Itu Nilai-Nilai Koperasi?