4 Fungsi Manajemen di Koperasi

Agen Bola
4 Fungsi Manajemen di Koperasi - Para pakar manajemen menyimpulkan bahwa sejak akhir abad ke sembilan belas, biasanya manajemen didefinisikan dalam empat fungsi spesifik dari manajer, yaitu merencanakan (Planning), mengorganisasikan (Organizing), melaksanakan (actuating), dan mengendalikan (Controlling), walaupun kerangka kerja ini masih terus di teliti dan sering diperdebatkan (Stoner at al,1996 : 10). Beberapa pakar lainnya menyebutkan bahwa fungsi manajemen terdiri dari 5 P yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, Pengkoordinasian dan Pengendalian. Tetapi kondisi terkini, para pakar manajemen Amerika cenderung menganut tiga fungsi utama yaitu Planning, Organizing, dan Controlling dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan bahwa Actuating atau pelaksanaan sebenarnya masuk dalam dimensi perencanaan (Gibson, at al. 1996 : 174). Dalam buku ini ini, akan dijelaskan fungsi klasik dari manajemen. Baca juga : Apa Itu Manajemen Koperasi, Pengertian Koperasi

TUJUH PRINSIP MANAJEMEN KOPERASI PETER DAVIS

Untuk memperjelas hubungan prinsip manajemen dan prinsip koperasi, Dubashi pada tahun 1970 meringkasnya sebagai berikut :

Proses adalah cara sistematik yang sudah ditetapkan dalam melakukan kegiatan. Jadi manajemen sebagai suatu proses adalah pengertian yang menekankan bahwa manajer- tidak peduli bakat dan keterampilannya-terlibat dalam aktivitas yang saling terkait dalam fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian sumber daya untuk mencapai suatu tujuan organisasi yang diinginkan. 

Demikian artikel tentang 4 Fungsi Manajemen di Koperasi, kiranya dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih

Related : 4 Fungsi Manajemen di Koperasi