Mengenang 70 Tahun Tragedi Jatuhnya Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki

Agen Bola
Mengenang 70 Tahun Tragedi Jatuhnya Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki - 6 Agustus 1945 menjadi tanggal yang bersejarah di negara Jepang. Serangan Bom Atom yang dilakukan oleh Amerika Serikat ini menewaskan 140.000 orang di Hiroshima dan 80.000 di Nagasaki pada akhir tahun 1945. Pengeboman yang dilakukan oleh Amerika Serikat ini atas perintah langsung Presiden Amerika Serikat waktu itu, yaitu Presiden Amerika Serikat Harry S. Truman. 

Bom pertama yang bernama " "Little Boy" dijatuhkan di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945, diikuti dengan pada tanggal 9 Agustus 1945, dijatuhkan bom nuklir "Fat Man" di atas Nagasaki. Kedua tanggal tersebut adalah satu-satunya serangan nuklir yang pernah terjadi. 

Enam hari setelah dijatuhkannya bom atom di Nagasaki, pada 15 Agustus, Jepang mengumumkan bahwa Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, menandatangani instrumen menyerah pada tanggal 2 September, yang secara resmi mengakhiri Perang Pasifik dan Perang Dunia II. (Jerman sudah menandatangani menyerah pada tanggal 7 Mei 1945, mengakhiri teater Eropa.) Pengeboman ini membuat Jepang sesudah perang mengadopsi Three Non-Nuclear Principles, melarang negara itu memiliki senjata nuklir.

Seperti apa penampakan pengeboman Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki? Berikut adalah penampakan foto-fotonya :
bom+atom+di+hiroshima

Awan berbentuk jamur membumbung tinggi setelah bom atom "Little Boy" dijatuhkan di kota Hisroshima, Jepang, pada 6 Agustus 1949. Bom ini menewaskan sekitar 140.000 orang, dan ribuan lainnya tewas akibat radiasi beberapa tahun setelahnya.


Foto yang dibuat pada 5 September 1945 ini memperlihatkan kota Hiroshima yang hancur akibat bom atom yang dijatuhkan Amerika Serikat, pada 6 Agustus 1945. Amerika Serikat menjatuhkan dua bom atom, satu ke Hiroshima dan satu lagi ke Nagasaki

korban+bom+atom

Penduduk Hiroshima yang menjadi korban bom atom. Bom tersebut tidak hanya menghancurkan bangunan dan membunuh 140.000 penduduk tetapi radiasi yang timbul memakan korban hingga beberapa tahun kemudian. 


Gedung Promosi Industri Prefektur Hiroshima setelah bom atom dijatuhkan Amerika Serikat, pada 6 Agustus 1945. Gedung tersebut kini menjadi monumen bom atom.


Penduduk kota Hiroshima yang masih hidup menunggu perawatan darurat setelah Amerika Serikat menjatuhkan bom atom, pada 6 Agustus 1945. Bom tersebut tudak hanya menghancurkan dan membunuh, namun juga menimbulkan trauma berkepanjangan bagi penduduk yang selamat. 


Kota Hiroshima yang hancur akibat bom atom yang dijatuhkan Amerika Serikat, pada 6 Agustus 1945. Sekitar 140.000 penduduk tewas akibat bom tersebut.







Related : Mengenang 70 Tahun Tragedi Jatuhnya Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki