3 Makanan Penangkal Sihir, Yang Ditakuti Jin dan Setan

Agen Bola
3 Makanan Penangkal Sihir, Yang Ditakuti Jin dan Setan - Kata Sihir mungkin sudah tidak asing atau aneh terdengar buat kita. Pada jaman dahulu, Sihir sangat dipercaya sebagai alat untuk mencelakai orang lain. Bahkan dijaman modern seperti saat ini, sihir masih sering terjadi dilingkungan sekitar kita. Namun benarkah makanan berikut mampu mengusir atau dapat menjadi penangkal jin dan setan? Berikut adalah penjelasannya.

1. Daun Bidara
Pernahkah kamu mendengar daun yang bernama Daun Bidara? Bidara adalah pohon kecil penghasil buah yang tumbuh didaerah kering. Bidara berasal dari kata sidrah yang artinya Pohon Bidara. Dalam hal ini, Sidrah atau Bidara memiliki sejarah yang berkaitan dengan perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam Isra Mi'raj. Lalu mengapa Daun Bidara termasuk makanan yang mampu mengobati ilmu sihir? Mengenai hal, Ibnu Nasir menapsirkan Surat Al Baqarah ayat 102 yang berkaitan dengan setan yang memfitnah Nabi Sulaiman bahwa beliau menggunakan sihir bukan untuk mujizat dan meriwayatkan bahwa untuk menghilangkan ilmu sihir adalah dengan menggunakan apa yang diturunkan Allah SWT kepada rasulnya. Dan untuk menghilangkan hal itu dengan membaca al mu'awwidzatain dan al falaq dan annas serta ayat kursi, karena ayat-ayat itu dapat mengusir setan.

Baca juga 3 Hewan Yang Dapat Melihat Setan atau Malaikat

Lalu bagaimana cara mengobati sihir dengan menggunakan Daun Bidara tersebut? Al-Qurthubi meriwayatkan dari Wahab yang mengatakan bahwa, hendaknya diambil tujuh helai daun bidara, ditumbuk halus lalu dicampurkan air dan dibacakan ayat kursi. Lalu diberi minum pada orang yang terkena sihir sebanyak 3 kali teguk dan sisa airnya digunakan untuk mandi.

2. Kurma Ajwah
Hal ini diriwayatkan dalam hadist dari sahabat sa'ad bin abi waqqash, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang artinya :

"Barang siapa mengkonsumsi tujuh butir Kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir" (HR Al Bukhari No. 5769 dan Muslim No. 2047).

Mengapa Kurma Ajwah mampu mengobati sihir? al hafidz ibnu hajar al asqalani, mengutip perkataan imam Al Khottobi tentang keistimewaan :

"Kurma Ajwah yaitu Kurma Ajwah bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan doa keberkahan dari Rasullulah SAW terhadap kurma Madinah bukan karena zat kurma itu sendiri." (Fathul Bari Syarah Shahih Al Bukhari Oleh Al Hafizh Ibnu Hajar Al Azqalany (X/239)

Baca juga Ini Dia Rahasia Mayat Firaun Yang Tetap Utuh

3. Minyak Zaitun
Minyak Zaitun adalah minyak yang keluar dari tanaman yang Barokah. Ini sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda :

"Makanlah minyak zaitun sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya, sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi." HR. Ahmad dan Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al Bani dalam silsilah shahihah no. 379

Dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa minyak zaitun dapat digunakan untuk mengolesi bagian tubuh yang terkena sihir dan kerasukan untuk melunak dan membasahinya.

5 Makanan Berbahaya Saat Ramadhan

Nah, demikianlah penjelasan tentang 3 Makanan Penangkal Sihir, Yang Ditakuti Jin dan Setan ini. Kiranya dapat bermanfaat bagi pengetahuan dan umat manusia. Terima kasih.





Related : 3 Makanan Penangkal Sihir, Yang Ditakuti Jin dan Setan