Apa Itu Bounce Rate? Pengertian Bounce Rate

Agen Bola
Apa Itu Bounce Rate? Pengertian Bounce Rate - Bounce Rate, Bagi para blogger atau para master di dunia blogging pasti tidak aneh dan heran bila mendengar atau membaca tentang Bounce Rate. Banyak para master dan blogger bekerja extra keras untuk menurunkan atau mengecilkan nilai bounce rate pada web atau blog mereka. Semakin kecil nilai bounce rate, berarti semakin baik kualitas sebuah blog atau web tersebut. Begitupun sebaliknya, semakin tinggi nilai bounce rate semakin buruk kualitas blog tersebut (kata orang sih, tapi menurut saya ini adalah hal yang sah-sah saja) yang pentingkan kuantitas.

apa-itu-bounce-rate

Apa Itu Bounce Rate?

Bounce rate adalah persentasi dari pengunjung atau visitor ke blog yang hanya mengunjungi hanya satu halaman dan tidak membuka halaman yang lainnya. persentasi ini sangat diperlukan oleh webmaster dan seo. seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa semakin tinggi bounce rate yang diterima maka akan semakin buruk website tersebut dimata search engine. jadi kesimpulannya pengunjung hanya melihat pada satu halaman saja tanpa mau melihat halaman yang lainnya.

Bounce Rate juga menjadi patokan bagi para advetiser yang ingin memasang iklan pada blog atau web kamu. Semakin besar kualitas sebuah blog (semakin kecil bounce rate) semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan klien dalam hal ini adalah advertiser yang akan memasang iklan. 

Faktor Penyebab Tinggi/Besarnya Bounce Rate
Tinggi atau rendahnya bounce rate, ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah :
  1. Pengunjung langsung menutup browser
  2. Pengunjung melakukan klik iklan dan salah satu link eksternal
  3. Pengunjung melakukan atau mengetik url langsung pada address bar browser. 
  4. Loading blog yang lambat, Baca
  5. Kualitas konten artikel blog yang kurang bagus. 
  6. Desai blog yang membingungkan pengunjung. 


Cara Mengatasi Bounce Rate Yang Tinggi


Ada beberapa cara untuk memperbaiki bounce rate yang tinggi di dalam sebuah blog atau web. Diantaranta adalah :
1. Perbaiki Kecepatan Loading Blog
Kecepatan loading blog mempengaruhi besar kecilnya bounce rate. Blog atau web yang lambat sudah pasti akan membuat pengunjung tidak merasa nyaman. Kamu praktekan saja, ketika kamu berkunjung ke sebuah blog atau web yang lambat loading. Apa yang akan kamu lakukan, kesal dan pasti langsung akan menutup tab browser kamu. Untuk mengatasi ini silahkan baca Optimalkan Pengiriman CSS : Cara Mempercepat Loading Blog.

2. Perbaiki Kualitas Konten
Konten adalah raja, buatlah artikel yang menarik dan jangan asal buat artikel apalagi sampai copy paste. Buatlah artikel yang banyak dicari dan bermanfaat, kamu bisa membaca ini 6 Artikel Paling Banyak Dicari di Google

3. Template dan Tata Letak
Cari lah template yang SEO Friendly yang memiliki tata letak yang bagus. Template dengan tata letak yang kacau atau semrawut akan sulit bagi pengunjung untuk menjelajahi konten atau artikel kamu. Untuk mengatasi ini silahkan kamu baca Cara Modifikasi Template Agar SEO Friendly atau baca artikel di blog ini dengan label SEO. 

4. Internal linking.
Semakin banyak internal linking pada blog maka bisa dipastikan bounce rate pada blog tersebut akan semakin kecil. Hal ini disebabkan pembaca diberikan kemudahan untuk mengunjungi halaman lain dalam blog tersebut sehingga setiap halaman dalam sebuah blog dapat terhubung dengan baik. Misalnya pembaca sedang membaca konten blog Anda yang berjudul cara merawat kucing. Nah, pada halaman tersebut Anda sisipkan link yang mengarah pada halaman ciri kucing yang sehat. Jika pembaca tertarik dengan topik pada halaman ciri kucing yang sehat dan kemudian mengunjunginya maka bounce rate dari blog Anda tersebut akan semakin kecil. Anda dapat menggunakan link pada postingan, related post, recent post, dan popular post untuk membangun internal linking.

5. Eksternal linking.
Semakin banyak eksternal linking atau link keluar yang mengarah pada blog lain terpasang di halaman blog Anda maka kemungkinan jumlah pembaca yang meninggalkan blog untuk pergi ke halaman blog lain menurut link yang terpasang tersebut akan semakin besar, sehingga bounce ratenya menjadi tinggi. Eksternal linking banyak ditemukan pada blogroll, gambar, dan iklan yang tampil pada halaman blog.

Saya rasa itu saja yang dapat saya sampaikan tentang Apa Itu Bounce Rate? Pengertian Bounce Rate. Lebih dan kurang saya mohon maaf, dan kiranya artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih



Related : Apa Itu Bounce Rate? Pengertian Bounce Rate