Bagaimana Cara Bedakan Situs Jual Beli Online Asli dan Palsu?

Agen Bola
Bagaimana Cara Bedakan Situs Jual Beli Online Asli dan Palsu? - Situs Jual Beli Online saat ini sudah sangat menjamur. Mulai jual beli online elekronik, pakaian, handphone atau gadget, dan lain sebagainya. Dengan kemajuan teknologi dan besarnya minat para pembeli didunia maya inilah yang membuat situs jual beli online semakin menjamur. Hampir setiap hari situs jual beli online bermunculan. Namanya juga teknologi buatan manusia, pasti akan ada kekurangannya. Namun dibalik bermunculannya situs jual beli online, masyarakat seharusnya lebih bijak dan mengerti untuk membedakan situs jual beli online asli dan palsu. Sebab saat ini banyak sekali aksi tipu-tipu melalui media online atau situs jual beli online.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk membedakan situs jual beli online asli dan palsu. Berikut adalah beberapa tips untuk membedakannya :

1. Kamu perhatikan domain situs
Sebaiknya kamu lebih waspada dengan domain gratisan dalam melakukan pembelian di situs jual beli online. Domain gratis yang dimaksud adalah seperti (domain.blogspot.com) atau (domain.wordpress.com) dan/atau (domain.multiply.com). Domain tersebut indentik dengan situs jual beli online palsu. Walaupun memang tidak semua domain tersebut palsu. Namun perlu saya tegaskan bahwa apabila orang atau pelaku memang ingin berbisnis dan tidak melakukan tipu-tipu, dia pasti tidak segan-segan merogoh kocek untuk bisnisnya. Untuk harga pembelian domain seperti .com dan  .co.id sekitar Rp 150 ribu. Domain .com dan .co.id lebih dapat dipercaya.


2. Harga Barang dan Tampilan Web
Situs jual beli online palsu biasanya menjual barang dagangannya dibawah standar atau harga pada umumnya, waspada dengan situs seperti ini. Tampilan web juga menentukan apakah palsu atau asli. Situs jual beli online palsu biasanya memiliki tampilan yang acak-acakan atau asal jadi alias tidak rapi. 


3. Terlalu banyak testimoni
Yang dimaksud terlalu banyak testimoni adalah situs tersebut memiliki testimoni atau pernyataan untuk meyakinkan calon pembelinya. Biasanya situs tersebut memiliki ratusan bahkan ribuan testimoni. Waspada terhadap situs seperti ini.


4. Cek di polisionline.com
Situs ini memberikan solusi jika kamu merasa ragu untuk membeli atau melakukan transaksi di situs jual beli online. Situs polisionline.com adalah sebuah situs yang me-review sebuah situs jual beli online dan situs tersebut akan memberitahu situs apa saja yang asli dan palsu.


5. Laporkan situs palsu
Jika kamu sudah terlanjur tertipu dan terlanjur melakukan transaksi di situs jual beli online, kamu dapat melaporkannya ke kontak.kominfo.go.id. Untuk caranya, silahkan kamu baca Cara Melaporkan Konten Negatif Blog/Web. Caranya sangat mudah kok.


Saran : sebaiknya ketika kamu ingin melakukan transaksi, ada baiknya kamu melakukan transaksi dengan cara COD (Cash on Delivery). Yaitu menggunakan rekening bersama (menggunakan layanan rekening pihak ketiga). Namun perlu diketahui, cara ini banyak sekali dikeluhkan oleh penjual atau pemilik situs jual beli online.

Demikian tentang Bagaimana Cara Bedakan Situs Jual Beli Online Asli dan Palsu?. Dan saya ingatkan lagi, TETAP WASPADA terhadap situs jual beli online palsu yang mencurigaka. Terima kasih.

Related : Bagaimana Cara Bedakan Situs Jual Beli Online Asli dan Palsu?