Apa Itu Biogas? Pengertian dan Manfaat Biogas

Agen Bola
Apa Itu Biogas? Pengertian dan Manfaat Biogas - Apa itu Biogas? Biogas adalah sebuah gas yang diproduksi dari sistem penguraian bahan baku organik yang terjadi atas bantuan mikroorganisme secara anaerobic atau tanpa adanya bantuan udara. Biogas juga merupakan energi terbarukan dan energi alternatif pengganti gas elpiji yang semakin mahal. Biogas pertama kali ditemukan oleh orang china (Tiongkok) dan mereka menemukan biogas di rawa-rawa. Biogas hanya dapat di produksi dengan bantuan bakteri metanogenik atau metanogen. 

Metanogen adalah jenis mikroorganisme yang menghasilkan metana sebagai produk sampingan dari metabolisme dalam kondisi oksigen yang sangat rendah. Mereka sering hadir dalam rawa-rawa, dan atau lahan basah lainnya, dimana metana yang mereka hasilkan dikenal sebagai “gas rawa". Metanogen juga ada dalam perut beberapa hewan, termasuk sapi dan manusia, di mana mereka memberikan kontribusi pada kandungan metana dari perut kembung. Meskipun mereka pernah diklasifikasikan sebagai Archaebacteria, metanogen sekarang diklasifikasikan sebagai Archaea, berbeda dari Bakteri.

Pengertian dan Manfaat Biogas. Dari penjelasan diatas, maka biogas memiliki manfaat yang cukup besar. Seperti untuk bahan bakar kendaraan bermotor atau untuk memasak sebagai kompor. Api yamg dihasilkan untuk kompor tidak kalah dengan gas elpiji. Dengan kata lain Biogas dapat di manfaatkan sebagai energi alternatif atau energi terbarukan pengganti gas elpiji. Warna apinya pun berwarna biru terang. Pemanfaatan biogas sebagai sumber energi alternatif juga sangat membantu untuk mengurangi limbah di bumi kita ini. 

Gas karbon yang terkandung atau yang terdapat pada biogas adalah jenis karbon yang diperoleh dari atmosfer bumi dengan bantuan foto sintesis tanaman. Hal inilah mengapa gas dalam biogas ramah lingkungan karena ketika dilepaskan ke atmosfer tak akan mempengaruhi peningkatan jumlah gas karbon yang ada di atmosfer, berbeda halnya dengan bahan bakar dari fosil.

Fotosintesis adalah Fotosintesis adalah salah satu cara tumbuhan untuk menghasilkan makanan dan energi. Selain itu, Fotosintesis adalah pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau melalui suatu proses biokimia pada klorofil dengan bantuan sinar matahari. Karena kemampuannya membuat makanan sendiri, tumbuhan hijau dikenal sebagai organisme autotrof. 

Dan perlu diketahui bahwa energi hasil dari mikroorganisme ini tidak akan pernah habis. Mengapa demikian? Karena sumber biogas selalu tersedia di sekeliling kita. Biogas hanya mengandalkan kotoran sapi dan kerbau atau kotoran manusia. 

Demikian penjelasan tentang Apa Itu Biogas? Pengertian dan Manfaat Biogas. Kiranya dapat memberi manfaat.

Related : Apa Itu Biogas? Pengertian dan Manfaat Biogas