3 Negara Yang Pasukan Militernya Dilatih Oleh Kopassus

Agen Bola
3 Negara Yang Pasukan Militernya di Latih Oleh Kopassus - Nama Kopassus tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Apakah kamu berpikir bahwa hanya masyarakat Indonesia saja yang mengenal Kopassus? Kamu salah besar jika berpikir demikian. Nama Kopassus tidak asing didunia internasional, secara khusus didunia militer. Dengan begitu banyak prestasi Pasukan Kopassus, Discovery Channel Military edisi 2008, Kopassus masuk 3 besar sebagai pasukan elite dunia. Posisi pertama di tempati United Kingdom's SAS, dan di posisi dua Israel's MOSSAD. 

Negara.Yang.Pasukan.Militernya.Dilatih.Oleh.Kopassus

Karena "Kesaktiannya" Pasukan Kopassus ini menjadi salah satu pasukan yang disegani oleh negara lain. Bahkan ada negara yang pasukan militernya di latih oleh kopassus Negara mana saja yang pasukan militernya dilatih oleh Kopassus? Berikut rangkumannya :

1. Pasukan di Negara-Negara Afrika Utara
Pasukan yang hebat, dalam hal ini pasukan khusus adalah pasukan yang mampu mencapai kualitas sempurna dalam hal kemampuan individu. Kemampuan itu adalah kemampuan bela diri, bertahan hidup (survival), kamuflase, strategi, daya tahan, gerilya, membuat perangkap dan lain-lain. Dan ini-lah yang menjadi nilai plus pasukan Kopassus dibanding dengan pasukan khusus negara lain. Kelebihan yang dimiliki oleh Kopassus ini-lah yang menjadi alasan oleh para petinggi militer di Negara Afrika Utara untuk melatih pasukannya dengan jasa Pelatih Pasukan Kopassus. Saat ini sekitar 80 persen pelatih militer di negara-negara afrika utara menggunakan jasa pelatih militer dari Kopassus. 

2. Pasukan Elit Kamboja
Negara yang ber-ibu kota Phnom Penh ini telah lama menggunakan jasa pelatih pasukan kopassus. Pasukan Kopassu melatih pasukan yang merupakan bagian dari Tentara Kerajaan Kamboja atau Royal Cambodian Army yang bernama Batalyon Para-Komando 911. Kemampuan pasukan kerajaan kamboja ini hampir sama dengan pasukan kopassus dilihat dari penempatan pasukan dan penempatannya. Dan kesamaan lainnya adalah warna baret yang dipakai, yaitu sama-sama merah. Persis milik Pasukan Kopassus. 

3. Pasukan Timor Leste
Timor Leste, (Dahulu Timor Timur) tidak asing kita dengar. Ya, negara yang memisahkan diri dari Indonesia pada tanggal 4 September 1999 ini juga menggunakan jasa pelatih pasukan kopassus untuk melatih pasukan negaranya. Hal ini terjadi setelah Wakil Panglima Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) Brigjen Filomeno Da Paixao De Jesus meminta Kopassus melatih pasukan militer Timor Leste. Hal itu disampaikan Filomeno saat bertamu ke Mabes TNI AD Jalan Veteran, Jakarta Pusat, pada 27 September 2012 lalu. Kerjasama lainnya adalah kerjasama pendidikan bagi Bintara dan Tamtama yang dilatih di Rindam IX Udayana dan Perwira-nya di Bandung. 

Hmmm.. Sungguh hebat Pasukan Khusus Negeri Ku ini, KOPASSUS. Aku bangga memiliki kalian. 

Related : 3 Negara Yang Pasukan Militernya Dilatih Oleh Kopassus