Manfaat Makanan Pedas (Cabe) Bagi Kesehatan

Agen Bola
Manfaat Makanan Pedas (Cabai) Bagi Kesehatan - Anda penggemar makanan pedas (cabai)? ternyata Makanan pedas (cabai) memiliki manfaat bagi kesehatan. Makanan pedas (cabe) mengandung sebuah zat yang bernama Capsaicin. Apa itu Capsaicin? Capsaicin adalah zat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Makanan pedas selalu menjadi "kambing hitam" dalam hal kesehatan. Ini karena makanan pedas selalu menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan manusia kedepannya. 

Namun hal ini terbantahkan setelah adanya penilitian pada tahun 2006 di Amerika. Para peneliti ternyata menemukan bahwa zat yang terkandung pada cabai yaitu Capsaicin dapat membantu menghambat terjadinya Kanker Prostat. Capsaicin juga mengandung salep yang dapat membantu mengatasi nyeri kronik. 

Cabe juga memiliki efek samping bagi manusia. Berikut penjelasan tentang efek samping bagi manusia tersebut : 

1. Efek Untuk Saluran Pencernaan
Apa yang anda rasakan jika mengkonsumsi makanan pedas? Tentu bibir akan terasa panas dan bagi yang tidak terbiasa makan pedas akan mengalami mules pada perut. Hal ini terjadi karena Capsaicin yang terdapat dalam makanan pedas (cabai) dapat mengaktivasi pelepasan Substansi P. Apa itu Substansi P? Substansi P adalah zat yang berfungsi untuk menghantarkan rasa nyeri dan terbakar. Untuk menghilangkan rasa pedas, anda bisa meminum susu. Jangan air putih, karena air putih hanya akan membuat anda semakin kepedasan.

2. Efek Untuk Kulit
Seseorang yang sedang memeganf cabai atau mengiris cabai ketika sedang memasak akan mengalami Sindrom Tangan Hunan. Apa itu Sindrom Tangan Hunan? Sindrom Tangan Hunan adalah reaksi dermatitis yang dapat membuat manusia mengalami nyeri dan kulit terasa panas seperti terbakar. 

3. Efek Untuk Mata
Jangan menyentuh mata atau mengucek mata saat anda sedang mengolah cabai. Hal ini akan membuat mata anda membengkak, panas, nyeri dan pasti anda akan seperti orang yang sedang menangis. Solusi, rendam handuk pada air hangat lalu usapkan atau tempelkan handuk hangat tersebut pada wajah atau area mata. Ada baiknya jika anda segera ke dokter jika belum ada perubahan. 

Demikian artikel tentang Manfaat Makanan Pedas (cabai) Bagi Kesehatan. Kiranya dapat bermanfaat dan menjadi pengetahuan bagi anda. Dan jika berkenan, Silahkan baca artikel kamu tentang Bahayanya Botol Plastik dan 7 Kode Daur Ulang Pada Bahan Plastik.

Related : Manfaat Makanan Pedas (Cabe) Bagi Kesehatan