7 Kode Daur Ulang Pada Kemasan Plastik

Agen Bola
7 Kode Daur Ulang Pada Kemasan Plastik - Apakah kamu pernah menemui atau melihat sebuah gambar yang memiliki garis segitiga dengan keterangan berupa angka ditengahnya yang terletak dibawah kemasan botol atau kemasan yang berbahan plastik? Segitiga dengan kode angka ditengahnya adalah sebuah kode yang memberikan penjelasan tentang proses daur ulang atau tentang seberapa boleh kemasan tersebut dipakai. Kode tersebut diperkenalkan sejak tahun 1988 oleh The Society of The Plastics Industry,Inc. (SPI). Kode Daur Ulang Pada Kemasan Plastik tersebut seharusnya menjadi pertimbangan dan pengetahuan kita cocok atau tidaknya untuk kita gunakan dalam hal-hal tertentu. Namun sebelum saya menjelaskan tentang kode tersebut, silahkan kamu baca tentang Bahayanya Botol Plastik.

Berikut penjelasan tentang 7 Kode Daur Ulang Pada Kemasan Plastik :

1. PET atau PETE (Polyethylene Etilen Terephalate)
Kode yang bertuliskan angka satu dan terdapat tulisan PET atau PETE (Polyethylene Etilen Terephalate) berarti hanya diperbolehkan untuk satu kali pakai. Kode tersebut pada umumnya dipakai pada kemasan putih transparan seperti botol plastik air minum mineral, botol jus dan wadah makanan lainnya. Ingat, Hanya Satu Kali Pakai!!!

2. HDPE atau High Density Polyethylene
Kode yang bertuliskan angka 2 ditengah segitiga dan terdapat tulisan HDPE ini biasanya terdapat pada galon air minum, botol susu, tupperware yang bahan lainnya yang memiliki sifat tahan lama terhadap suhu yang tinggi. Bahan plastik yang memiliki kode ini merupakan bahan plastik yang aman untuk mencegah reaksi kimia pada bahan plastik tersebut. Kode angka dua ini memiliki kesamaan dengan kode angka 1, yaitu sangat dianjurkan untuk satu kali pakai saja. 

3. PVC atau Polyvinyl Chloride
Segitiga dengan angka tiga serta tertulis huruf V pada bagian bawahnya adalah jenis bahan plastik yang sulit untuk didaur ulang. Kode ini biasanya terdapat pada botol-botol. Dan resiko atau bahaya dari kode ini adalah sangat berbahaya untuk ginjal dan liver (hati). Ada baiknya plastik dengan kode ini dimanfaatkan untuk kreatifitas seperti pembuatan tikar dan lain-lain. 

4. LDPE atau Low Density Polyethylene
Kemasan dengan kode angka 4 dan bertuliskan LDPE ini merupakan bahan plastik tipe cokelat yang dibuat dari minyak bumi. Kemasan dengan kode ini biasanya dipakai tempat makanan, plastik kemasan, botol-botol yang lembek, pakaian, mebel, dll. Sifat mekanis jenis LDPE ini adalah kuat, tembus pandang, Fleksibel dan permukaan agak berlemak, pada suhu 60 derajat sangat resisten terhadap reaksi kimia, daya proteksi terhadap uap air tergolong baik, dapat didaur ulang serta baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibelitas tapi kuat. Barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan, tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini. LDPE, dapat didaur ulang dengan banyak cara, misalnya dilarutkan ke dalam kaleng, keranjang kompos dan landscaping tiles.

5. PP atau polypropylene
Kemasan yang bertuliskan angka 5 dan terdapat tulisan PP pada kemasan merupakan kemasan transparan yang tidak jernih. Jenis polypropylene merupakan bahan plastik terbaik, terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi. Silahkan cari kemasan dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai makanan dan minuman. PP dapat diolah kembali menjadi garpu, sapu, nampan, dan lain-lain.

6. PS atau Polystyrene
Kode daur ulang pada kemasan yang bertuliskan angka 6 ini merupakan bahan plastik untuk sekali pakai. Polystyrene adalah polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Dan Bahan ini sangat berbahaya bagi otak dan dapat mengganggu reproduksi. 

7. Other atau Polycarbonate
Kemasan dengan angka 7 serta bertuliskan Other pada kemasan merupakan jenis plastik yang memiliki 4 macam yaitu ABS acrylonitrile butadiene styrene, PC polycarbonate, SAN styrene acrylonitrile, dan Nylon. Kode ini dapat dijumpai pada kemasan seperti suku cadang mobil, alat-alat rumah tangga, komputer, alat-alat elektronik, dan plastik kemasan lainnya. Polycarbonate ini sangat baik untuk kemasan atau botol minuman.

Demikian artikel tentang 7 Kode Daur Ulang Pada Kemasan Plastik ini, kiranya dapat membantu anda dalam memilih kemasan makanan dan minuman secara bijak. Sayangi diri anda dan keluarga anda.

Related : 7 Kode Daur Ulang Pada Kemasan Plastik