Prinsip Koperasi

Prinsip Koperasi - Hidup harus punya prinsip, begitu kata orang tua dulu bilang. Prinsip adalah pegangan hidup yang menjadi pedoman kita untuk menjalaninya. Tanpa prinsip yang jelas, mustahil kita dapat meraih kesuksesan. Ada yang bilang, hidup tanpa prinsip sama seperti sayur kurang garam. Hidup rasanya hambar, tak nikmat dan baik. Bagaimana menurut anda? Tapi saya tidak akan bahas prinsip tentang hidup. Saya akan membahas tentang Prinsip Koperasi. Apa saja prinsip koperasi? Berikut ada 7 Prinsip Koperasi : 

1. Keanggotaan Bersifat Sukarela Dan Terbuka.
Koperasi menerima anggota secara terbuka bagi siapa saja yang berminat menjadi anggota dengan tidak pandang status masyarakat baik dari kalangan bawah, menengah maupun atas, siapapun mempunyai hak yang sama untuk mendaftarkan diri dan tidak bersifat memaksa dengan tidak mewajibkan seluruh masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai anggota yang akan menjadi bagian dari koperasi yang akan didirikan.

2. Pengelolaan Dilakukan Secara Demokrasi.

Koperasi membentuk struktur organisasi sesuai dengan ketentuan yang telah ada dengan berlandaskan kekeluargaan yang menjunjung asas demokrasi dalam penyelenggaraan Rapat Anggota, pembentukan pengawas, penentuan pengurus,dan penunjukkan pengelola sebagai karyawan yang bekerja di koperasi.

3. Pembagian SHU Dilakukan Secara Adil Sesuai Dengan Besarnya Jasa Usaha Masing-Masing
Koperasi mempunyai tujuan untuk mensejahterakan masyarakat pada umumnya dan anggota pada khususnya, maka dalam usaha meningkatkan kesejahteraan anggotanya koperai berusaha semaksimal mungkin untuk bersifat dan berlaku adil dan merata terutama dalam hal pembagian sisa hasil usaha dengan mempertimbangkan aspek kepercayaan dalam pengelolaan koperasi yang telah diberikan oleh masing-masing anggota yang dinilai dalam bentuk besarnya jasa usaha.

4. Pemberian Balas Jasa Yang Terbatas Terhadap Modal

Koperasi memberikan timbal balik kepada anggota yang telah menanamkan modalnya dan mempercayakan koperasi dalam mengelola modal tersebut berupa balas jasa yang sesuai dengan keadilan, keseimbangan dan keterbatasan seberapa besar modal yang telah diberikan anggota dengan transparan agar anggota jelas dan mengerti pemberian balas jasa yang diberikan koperasi sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

5. Kemandirian

Koperasi berdiri dengan prinsip kemandirian dengan tidak berada di bawah naungan organisasi lain dan tidak bergantung serta mengandalkan organisasi lain, koperasi berdiri sendiri dengan membentuk struktur organisasi sendiri untuk mengelola dan menjalankan kegiatan usahanya dengan bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat.

6. Pendidikan Perkoperasian

Koperasi mempunyai arah dan tujuan untuk dapat bekerja sama mengelola kegiatan yang bersifat positif membutuhkan keahlian dalam pengopersiannya maka dibutuhkan pendidikan dan pengarahan dalam penerapannya dengan bermaksud agar koperasi sebagai wadah yang berlandaskan prinsip dan asas kekeluargaan dapat bermanfaat, oleh karena itu pendidikan perkoperasian sangatlah dibutuhkan sebagai dasar pembentukan koperasi.

7. Kerjasama Antar Koperasi

Koperasi dikatakan bersifat mandiri dalam pengorganisasiannya tetapi dalam menjalankan kegiatan usahanya koperasi tetap menjalin hubungan dan kerjasama antar koperasi berupa komunikasi dan interaksi baik secara langsung maupun tidak langsung karena koperasi berlandaskan kekeluargaan dan dalam menjaga kelangsungan kehidupan perkoperasian diusahakan selalu mengadakan kerjasama agar dapat memperluas bidang usaha dan saling memberikan dukungan.

Demikian Artikel tentang Prinsip Koperasi. Kiranya dapat bermanfaat buat anda yang ingin membangun atau membuat sebuah koperasi. 
Tags :

Related : Prinsip Koperasi

29 comments:

  1. mksh infona kang tentang artikel Prinsip Koperasi dan selamat siang saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali Mas Rama. Selamat siang, selamat beraktifitas Mas Rama.. :)

      Delete
    2. Ehhh hebat euy Abah saya dapat Pertamax.. saya minta sedikit ya Abah Haji..? saya turut belajar dalam Prinsip koprasinya (c)

      Delete
    3. Kita sama sama belajar ya Mas Saud... :)

      Delete
  2. Kerjasama sesama koperasi contohnya apa yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan yang bagus uda. Contoh kerjasama antar koperasi seperti Join Education, Join Business yaitu Join Marketing, Join Management dan Join Buying (join buying ini sifat koperasi konsumtif) Join Teknologi Informasi, dan Join Investmen.. :)

      Delete
    2. Jadi semuanya, join-join gitu yah. Terima kasih jawabannya. :-d

      Delete
    3. Berati kalau ada satu pihak rugi, pihak lain yang bekerjasama juga rugi kah?

      Delete
    4. Kerugian itu pasti ada dan pernah terjadi sebelumnya. Tapi dengan kerjasama dan tingkat ke hati-hatian, kerugian itu dapat di minimalisir. "pihak lain yang bekerjasama juga rugi", itu pasti. yang terpenting adalah bagaimana cara untuk meminimalisir kerugian tersebut. Dengan Join Education.. ;)

      Delete
  3. Hidup harus berprinsip demikian halnya oraganisasi sekelas koeprasi ini yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prinsip Koperasi di berikan agar sistem yang berjalan tidak melanggar etika koperasi atau undang undang perkoperasian mas.. :)

      Delete
    2. Kalau fakar nya koprasi yang ngebahasnya adem rasa nya di dengarkan juga :)

      Delete
    3. Mas Saud bisa saja. Kita ke bawah pohon beringin saja yuk mas, biar lebih adem dan sejuk :))

      Delete
  4. Kalau soal urusan koprasi nih Mas KL Jago yang mungpuninya, saya harus belajar PRIVATE dengan serius jika ingin memiliki kadigjaya an yang pandai dalam hal management Koprasi. makasih share nya Mas KL :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mas Saud Kursus Private, agar lebih dalam lagi dalam belajar Koperasi.. terima kasih kembali Mas Saud.. :)

      Delete
    2. namanya juga koperasi lestari

      Delete
  5. mantap sekali kang, saya suka ilmu-ilmu kayak ini

    ReplyDelete
  6. Edunnn Prinsip nya menn keren kerenn jadi intinya harus Kompak selalu yah kang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Ainnul. Selalu kompak dan tetap konsisten.. :)

      Delete
  7. sambil belajar berkoperasi, siapa tau bisa mendirikan juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Mas... :) Bermanfaat sekali koperasi itu mas.. :)

      Delete
  8. info yang bermanfaat mas saya jadi tau prinsip itu apa? hehehe :)

    ReplyDelete
  9. Banyak sekali pemanfaatan koperasi untuk membangun ekonomi kerakyatan ya Kang, semoga perekmbangan dan pertumbuhan dunia koperasi dapat terus maju di dalam negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Mas Indra. Koperasi memang sangat memberi manfaat bagi masyarakat kecil. Seperti petani, nelayan dan masyarakat bawah lainnya.. :)

      Delete
  10. Ulasan yang cukup menarik nie mas, lengkap dan detail banget jadi nambah pengetahuan dan wawasan saya nie mengenai prinsip koperasi sebagaimana sudah dijelaskan di atas, trims atas sharing infonya :)

    ReplyDelete