Pentingkah Pasang Breadcrumbs Di Blog?

Pentingkah Pasang Breadcrumbs Di Blog? - Pentingkah Pasang Breadcrumbs di blog atau benarkah breadcrumbs tidak seo friendly buat blogger? Pernyataan ini menjadi pemikiran saya selama beberapa hari ini. Ada yang berpendapat bahwa Breadcrumbs baik buat SEO dan Breadcrumbs tidak SEO Friendly. Dan ada yang berpendapat bahwa banyak Blog atau Web tanpa pasang Breadcrumbs ternyata mampu bersaing bahkan menduduki 10 besar halaman pertama google. Sebut saja raksasa internet seperti Google, Facebook, Twitter dan raksasa internet lainnya mereka tidak memasang Breadcrumbs. Blog terkenal dari Indonesia lainnya pun kebanyakkan tidak memasang Breadcrumbs.
Pentingkah Pasang Breadcrumbs Di Blog

Bahkan ada yang berani mengatakan bahwa tidak penting pasang Breadcrumbs di blog, dengan alasan banyak sekali artikel-artikel yang tanpa pasang breadcrumbs menempati halaman pertama google. Memang saat ini banyak sekali blog atau web yang memasang breadcrumbs, tetapi semua itu adalah web atau blog yang menjadi terkenal atau populer dan memiliki SERP yang bagus di mata Google.

Apa Itu Breadcrumbs ?

Breadcrumb atau Breadcrumbs adalah sebuah navigasi untuk memudahkan pengunjung mengetahui posisi mereka sedang berada dimana, layaknya sebuah peta atau map breadcrumbs ini memudahkan kita mengetahui posisi dimana kita sedang berada. Breadcrumbs ini memang sangat membantu pengunjung ataupun visitor, namun untuk hal SEO breadcrumbs ini tidak cocok untuk dipakai ataupun dipasang.

"Unfortunately Breadcrumbs destroy the advantages of Permalinks which play great role in targeting rich keywords,". Di hasil pencarian Google (SERP), Breadcrumbs menutup atau mengganti permalink atau url posting blog yang biasa mengandung kata kunci.

Ada beberapa alasan yang pernah saya baca mengapa Breadcrumbs Tidak Penting Buat SEO :
1. Tidak di rekomendasikan oleh Google 
 ( https://support.google.com/webmasters/answer/185417?hl=en ) 

2. Membingungkan robot pencari
Robots mesin pencari akan kebingungan saat akan mengcrawl atau mengindex situs blog Anda, karena terlalu banyak judul yang menumpuk jadi dalam satu /search dan juga dalam label blog Anda. 

3.  Website besar seperti Google tidak pasang Breadcrumbs 
Website  Google, Facebook, Wikipedia, Twitter tidak memasang Breadcrumbs, Jika para raksasa tersebut memasang breadcrumbs, kemungkinan akan terjadi penumpukan label pada setiap judul. 

4. Menggunakan Breadcrumbs vs Tanpa Breadcrumbs
Silahkan anda bandingkan sendiri di Google, antara Breadcrumbs vs Tanpa Breadcrumbs. Mayoritas penguasa halaman awal google adalah blog atau web tanpa breadcrumbs. 

5. Breadcrumbs Mengurangi Kata Kunci
Seperti yang telah saya jelaskan diatas "Breadcrumbs menutup atau mengganti permalink atau url posting blog yang biasa mengandung kata kunci".

6. Raja SEO
Sang raja SEO Matt Cutts, Matt Cutts juga memiliki sebuah blog dan tidak menggunakan breadcrumbs pada blognya silahkan cek di www.mattcutts.com/blog/

Kesimpulan Saya : Semua tergantung pada diri pribadi anda, apakah anda ingin tetap pasang Breadcrumbs atau tidak. Semua ini hanya merupakan "unek-unek" saya yang mungkin bermanfaat. 


Cara Pasang Breadcrumbs

Lalu bagaimana cara memasang Breadcrumbs tanpa terindex google dan pada halaman postingan tetap ada menu Breadcrumbs sebagai navigasi??

Berikut cara yang mungkin dapat membantu anda. Saya pun telah mencobanya dan berhasil :

1. Silahkan anda cari kode berikut pada edit HTML anda :
<b:includable id='breadcrumb' var='posts'>...</b:includable>
2. Lalu silahkan anda ganti kode diatas dengan kode di bawah ini :
<b:includable id='breadcrumb' var='posts'><b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span><data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><!-- breadcrumb for the post page --><b:loop values='data:posts' var='post'><b:if cond='data:post.labels'><div class='breadcrumbs' xmlns:v='http://rdf.data-vocabulary.org/#'><span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:blog.homepageUrl' property='v:title' rel='v:url'>Home</a></span><b:loop values='data:post.labels' var='label'>&#187; <span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:label.url' property='v:title' rel='v:url,noindex'><data:label.name/></a></span></b:loop>&#187; <span><data:post.title/></span></div><b:else/><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span>Unlabelled</span> &#187; <span><data:post.title/></span></div></b:if></b:loop><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><!-- breadcrumb for the label archive page and search pages.. --><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Archives for <data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'><div class='breadcrumbs'><b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>All posts</span><b:else/><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Posts filed under <data:blog.pageName/></span></b:if></div></b:if></b:if></b:if></b:if></b:if></b:includable>
 3. Anda lihat kode yang saya beri warna merah, itu adalah kode agar Breadcrumbs tidak terindek oleh Google.

Anda dapat membandingkan sebelum dan sesudah pasang Breadcrumbs di Rich Snippets

Kode diatas adalah kode dari CSS Template Johny Wuss, dan telah saya buktikan sangat bekerja 100%.

Demikianlah artikel tentang Pentingkah Pasang Breadcrumbs Di Blog? kiranya dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih..



Tags :

Related : Pentingkah Pasang Breadcrumbs Di Blog?

14 comments:

  1. susah kalau nurutin SEO mas
    kalau saya ngikutin apa yg saya suka aja deh
    contohnya pasang Breadcrumbs Di Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Kang, Kalau mau di turutin kita malah bingung sendiri. Semunya kembali pada diri sendiri juga kang. Kita lebih nyaman yang mana.. :)

      Delete
    2. Saya setuju sekali atas saran Mas KL dan Mas Yanto diatas saya support 1000% deh

      Delete
    3. Terima Kasih Mas Saud.. Kita memang harus tahu apa yang kita butuhkan dalam nge-blog... hehehe

      Delete
  2. Alhamdulilah saya sudah pasang Breadcrumb Mas. bener kata Mas Yanto diatas kalau semua nya terpokus dengan SEO Harus serba aturan yang ketat. ya mending tengah tengah aja ya Mas? yang penting seo masih oke. kemauan sendiri pun terpenuhi betulkan Mas Yanto?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bicara masalah SEO memang banyak aturannya mas dan serba ketat. Tapi, maunya kita itu gmna agar blog kita optimal. :)

      Delete
  3. Dikarenakan Beradcrumbs ini tidak disarankan oleh google maka pada saat ini saya izin nyimak saja gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Betul Itu Mas Ainnul... :) silahkan mas di simak..

      Delete
  4. Kunjungan sambil ronda Malam Mas, sambil belajar lagi tentang memasang breadcrumbs

    ReplyDelete
  5. Breadcubs di blog ada beberapa versi yang berendapat sepeti yang telah diterangkangkan dalam artikel ini, namun saya sendiri belum berani mengambil keputusannya kang, ikut nyimak saja di sini.

    ReplyDelete
  6. justru menurut saya breadcrumbs bermanfaat mas karena dengan adanya breadcrumbs itu googlebot dapat dengan mudah mendeteksi setiap keyword di postingan kita :D tapi kekurangannya yang muncul di mesin pencari bukan link postingannya tapi malah breadcrumbsnya, sehingga kita tidak bisa memanfaatkan link kita untuk mendukung keyword yang di tuju hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa perbedaan pendapat tentang pasang breadcrumbs di blog mas. semua kembali ke pribadi kita, kita lebih merasa nyaman yang mana.. :)

      Delete