7 Gaya Seragam Anak SMA Indonesia

Agen Bola
Masa SMA adalah masa paling indah, bahkan ada lagu yang berbunyi " Tiada masa paling indah, masa-masa di sekolah. Tiada kisah paling indah, kisah kasih di sekolah ". Ya memang benar, mungkin anda pasti banyak yang setuju dengan lirik lagu tersebut. Termasuk saya juga merasakan masa masa indah di waktu masih SMA dulu. Memiliki banyak teman, gonta ganti pacar, dan belajar mengenal cinta. 

Tapi di sini saya tidak akan membahas tentang gonta ganti pacar atau belajar mengenal cinta.. ( Sstttttt, rahasia saya itu.. hehehe ). Di sini saya akan mencoba memberikan pengetahuan tentang gaya seragam anak SMA Indonesia dari masa ke masa.

Berikut Seragam Anak SMA Indonesia dari masa ke masa :

1. Model Tahun 70-an Masih Jadul


 
Beginilah seragam anak SMA pada tahun 70-an di Indonesia. Kok gambar seperti ini ? tenang, Karena memang seperti inilah cara foto di era 70-an dulu. Masih hitam putih. Kendati hitam-putih, kamu masih bisa melihatnya bagaimana para pelajar SMA di era 70-an dulu. Seragam saat masa tahun 70-an sangatlah sopan sekali. Para pria memakai kemeja putih dengan ukuran besar sampai ke bagian sikut mereka. Baik perempuan atau laki laki harus memakai yang namanya sabuk. Seluruh celana dan rok harus dipasang ikat pinggang di atas perut mereka. Tidak ada yang namanya baju atasan yang ‘gombrong-gombrong’ keluar dari celana atau baju. Semua harus sopan, tertutup, dan rapi. Sedikit jadul? Memang itu faktanya. Namun mereka keren lho, apalagi yang memiliki kumis.

2.
Model Tahun 80-an Retro Banget


 
Era 80-an kerap kali disebut sebagai era retro. Semua hal seakan berbau retro alias vintage. Pada masa itu seragam SMA di Indonesia tak terlalu banyak berbeda dengan era 70-an. Mungkin hanya kali ini foto-fotonya sudah berwarna. Para pelajar SMA era tahun 80-an masih mengikuti style senior mereka di tahun 70-an. Di mana kerapian adalah masih yang menjadi utama. Jadi penggunaan ikat pinggang tetap menjadi hal utama. Lihat bagaimana seluruh pelajar masih menjaga kerapian dalam seragam mereka.

3. Model Tahun 90-an Wajib Rapi


 
Era 90-an sepertinya Indonesia mulai memberikan aturan baru dalam sekolah. Di mana seluruh pelajar harus memakai atribut lengkap dalam seragam mereka mulai era ini. Mulai dari berapa panjang rok pelajar SMA, sampai bagaimana ikat pinggang yang mereka pakai. Kebanyakan para pelajar era 90-an memakai ikat pinggang, tinggi kaos kaki sampai sepatu yang hampir serupa. Topi SMA juga menjadi salah satu atribut yang tak boleh terlupakan. Untuk era ini kemeja yang dipakai cewek atau cowok sama-sama memiliki bentuk yang sedikit lebih besar sampai bagian sikut mereka. Namun tetap saja tampil rapi dengan dimasukkan ke celana atau rok. Serta sopan dengan panjang rok tetap di lutut. Nah, siapa yang SMA di era 90-an pernah memakai seragam seperti ini?

4. Model Tahun 2000 Awal Era AADC


 
Era 2000-an adalah masa reformasi. Tentunya seragam SMA juga mendapatkan perubahan di sini. Meledaknya film ADA APA DENGAN CINTA, sedikit banyak memberikan pengaruh bagi para pelajar SMA di era 2000 awal. Rok-rok para cewek pun mulai sedikit ketat dengan mencapai panjang sedikit di atas lutut. Lalu baju yang mereka pakai pun tidak kedodoran seperti para senior di era 90-an. Para pelajar SMA di era 2000 awal ini juga tampak terinspirasi dengan bagaimana cara Cinta dan kawan-kawan memakai seragam.Kamu tentu ingat dengan panjang kaos kaki Cinta yang menjadi trend di kalangan anak SMA waktu itu kan? Atau mungkin gaya cuek Rangga yang membiarkan baju kemeja sekolahnya terlepas dari ikatan celananya. Semakin cuek cowok, semakin keren dia. Itulah yang dipelajari dari Rangga.

5. Model Tahun Mendekati Era 2010


 
Mendekati era 2010, seragam para pelajar SMA mulai beragam. Masih ada yang terpengaruh seragam SMA gaul ala AADC, namun tak sedikit yang memilih tampil rapi. Tentunya tampil rapi pelajar era 2005-2010 berbeda dengan mereka di era 90-an. Kamu tak perlu memakai baju atasan berukuran besar, sedikit kecil namun tidak boleh terlalu ketat. Bagian rok untuk pelajar SMA pun mulai beragam, ada yang rok pendek  dan ada pula yang rok panjang. Rapi menjadi hal yang identik, meskipun tampil cuek tetap saja maksimal. Kamu menjadi pelajar di era ini?

6. Model Tahun Imbas Sinetron?


 
Mulai tahun 2010, perkembangan seragam pelajar SMA semakin unik saja. Banyaknya judul sinetron yang mengusung kisah anak SMA, memberikan warna bagi perkembangan seragam SMA. Jika dulu seragam SMA identik putih abu-abu maka kini tidak lagi. Kamu akan menemukan seragam SMA dengan konsep yang jauh lebih modern. Ada yang bermotif kotak-kotak, bahkan ada yang memakai cardigan. Ya, memang itu hanya sinetron namun faktanya memang ada SMA yang benar-benar memiliki model seragam unik ala sinetron. Hayo, kamu pelajar SMA era 2010-an, seperti apa nih model seragammu?

7. Model Tahun Seragam Masa Kini

 
 
Ini dia, Seragam SMA korban sinetron. Seragam SMA masa kini memang masihlah sama dengan jaman dulu. Kamu yang bersekolah di SMA negeri tentunya memakai seragam SMA berwarna abu abu putih. Hanya saja banyak sekali orang yang mencibir seragam SMA masa kini, terutama seragam para cewek. Beberapa orang menilai seragam SMA jaman sekarang terlalu ketat dan mini untuk para cewek. Saking ketatnya, ada yang sampai memperlihatkan bentuk tubuh mereka. Memang sih tidak semua, namun faktanya cukup banyak

Related : 7 Gaya Seragam Anak SMA Indonesia