10 Tips Test Calon CPNS 2014

Agen Bola
10 Tips Test Calon CPNS 2014 - Test Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 bagi sebagian orang masih menjadi impian, karena jumlah pelamar yang berkali-kali lipat dibandingkan dengan kuota atau posisi yang dibutuhkan pemerintah, membuat skala perbandingan yang diterima dan tidak diterima jauh berbeda.

Pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dikatakan memberikan jaminan penghasilan hingga hari tua kelak, walaupun bekerja di swasta juga sama. Namun PNS masih dilihat dari sundut pandang berbeda bagi sebagian awam.

Berikut 10 Tips Cerdas agar Lulus Ujian CPNS :

1. Berdoa.
Wajib bagi kita umat beragama dan Islam tentu harus selalu berdoa bila menginginkan keberhasilan dalam sebuah usaha yang sedang dirintis dan jalankan. Apalagi doa adalah bagian yang tidak bisa kita pisahkan dalam kehidupan rohani kita.

Dan ini bagian dari kiat lolos ujian cpns 2013 yang tidak boleh kita lupakan dan kesampingkan. Mohon doa restu orang tua juga merupakan suatu keharusan yang harus kita lakukan.

2. Bersiap Secara Materi Dan Fisik.
Persiapan materi menjelang ujian tulis cpns harus benar-benar matang dan dipersiapkan dengan baik. Mempelajari berbagai macam jenis contoh soal CPNS dalam bentuk tes wawasan kebangsaan (TWK) yang meliputi tata negara Indonesia, kebijakan pemerintah, sejarah Indonesia, bahasa Indonesia, bahasa inggris, pengetahuan umum dan juga UUD 1945.

Bentuk tes tulis selanjutnya adalah Tes Intelegensi Umum (TIU) yang meliputi tes kemampuan, analisa verbal, analisa numerik, berpikir logis dan analitis. Belajar dari pengalaman tes ujian sebelumnya juga penting.

3. Persiapan Segi Psikis Mental.
Rasa optimis dan percaya diri harus ditanamkan sejak dini. Bila kita sudah pesimis dalam menghadapi dan mengerjakan soal uji tulis cpns maka hal ini akan berpengaruh besar pada kejiwaan kita karena secara tidak langsung akan berdampak pada kesulitan kita ketika mengerjakan tes tersebut.

Percaya diri harus diikuti dengan usaha keras dalam belajar banyak mengenai materi-materi yang akan di ujikan dengan baik. Sehingga kita mampu menjawab setiap soal dalam lembar test CPNS.

4. Belajar dengan tekun
Tips yang satu ini wajib bagi anda, jika ingin lulus tes CPNS tentu anda harus belajar. Jangan mengandalkan SKS (sistem kebut semalam) untuk lulus tes CPNS. Belajarlah minimal seminggu sebelum tes, ya minimal 1 jam per hari. Beli dan pelajari soal-soal tes CPNS yang biasanya banyak dijual di tempat pendaftaran.

5. Survey lokasi tes
Jangan meremehkan hal ini, datanglah ke tempat lokasi tes CPNS sehari sebelum tes diadakan dan memastikan dimana tempat duduk anda. Jangan sampai anda kehabisan waktu di hari H karena bingung mencari lokasi tes CPNS atau bingung mencari tempat duduk.

6. Jangan datang terlambat

Disini tidak berlaku hukum “lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali”. Jika anda terlambat, peluanganda untuk lulus tes CPNS sudah jauh berkurang. Waktu yang tersedia sudah berkurang, anda juga tidak bisa konsentrasi untuk menjawab soal dan semua persiapan anda untuk tes CPNS akan sia-sia. Bila perlu, datanglah sejam lebih awal agar anda lebih rileks dan tidak tergesa-gesa ketika mengerjakan soal.

7. Ikuti perkembangan informasi
Mengikuti perkambangan informasi berita terkini, baik itu dengan membaca buku, melalui media visual, maupun tulis. Kerapkali, beberapa instansi akan mengeluarkan prediksi soal-soal CPNS 2013 yang menyangkut dan berkaitan dengan informasi perkembangan terbaru.

8. Jaga kesehatan
Menjaga kesehatan tubuh dan juga stamina dengan melakukan olahraga rutin dan makan makanan bergizi. Serta juga cukup beristirahat. Hal ini sangat membantu kita untuk tampil prima di hari pelaksaan ujian cpns sehingga konsentrasi kita untuk mengerjakan soal bisa dilakukan secara optimal.

9. Perhatikan petunjuk soal
Kerjakan soal mudah dan Perhatikan petunjuk soal, dan ini biasanya dilakukan sebelum mengerjakan soal-soal cpns kita dari yang paling mudah dahulu. Kerjakanlah hal tersebut untuk menghemat waktu pengerjaan tes tulis cpns 2013 nantinya karena ada tenggang waktu yang harus ditepati juga.

Perhatikan semua petunjuk soal, seperti cara menjawab, waktu yang tersedia dan hal yang lainnya. Jangan pernah menyepelekan apapun disana. Setelah selesai menjawab soal, jika masih tersedia waktu, gunakan untuk memeriksa kembali jawaban anda. Jangan tersenyum kegirangan ketika anda merasa menjadi orang yang paling dulu selesai menjawab soal. Perhatikan sekali lagi, jangan-jangan anda malah belum menjawab satu sesi soal yang ada.

10. Jangan cepat menyerah
Sangat jarang teman yang saya tahu yang baru ikut sekali tes CPNS dan langsung lulus, bahkan ada yang sudah mengikuti hingga 10 kali setiap tahun tidak lulus-lulus juga, namun jangan cepat menyerah.

Related : 10 Tips Test Calon CPNS 2014