Bahaya Rokok : Gambar Baru di Bungkus Rokok

Bahaya Rokok : Gambar Baru di Bungkus Rokok - Sesuai dengan PP Tembakau No 109 tahun 2012 yang pada tanggal 24 Juni 2014 direalisasikan untuk seluruh rokok beredar di Indonesia. Yakni, menyertakan peringatan bergambar tentang bahaya rokok. 
Sayangnya, hingga kini peringatan tersebut belum terlaksana. Batas waktunya sampai pada 24 Juni 2014. Peringatan ini mengharuskan setiap kemasan rokok memasang gambar bahaya merokok sebesar 40 persen dari keseluruhan kemasan. 

Bahaya Rokok : Gambar Baru di Bungkus Rokok - Sebagian besar negara sudah mempunyai tanda gambar ini. Dan rokok dari Indonesia yang dijual di luar negeri pun sudah ada berisi tanda gambar tersebut. Hanya saja, di Indonesia belum diterapkan. 

Beberapa negara di Asia memberlakukan aturan yang lebih ketat yakni, pemerintah Singapura memberi tenggat waktu lima bulan dengan prosentase gambar 50 persen, Thailand memberi tenggat waktu enam bulan dengan prosentase gambar 55 persen, Srilanka memberi tenggat waktu tiga bulan dengan prosentase gambar 80 persen, Malaysia memberi tenggat waktu sembilan bulan dengan prosentase gambar 60 persen.

Berikut 5 peringatan bergambar yang akan ada di bungkus rokok Indonesia :

1. Gambar Kanker Mulut


Gambar ketiga tidak kalah mengerikan. Tampak seorang pecandu rokok yang menderita kanker tenggorokan dengan leher bolong dan terdapat benjolan kanker yang menjijikkan.

Pada gambar terdapat tulisan besar  MEROKOK SEBABKAN KANKER TENGGOROKAN

2. Gambar Orang Merokok Dengan Asap Yang Membentuk Tengkorak

 
Sama dengan gambar pertama, setiap peringatan bergambar di bungkus rokok harus menyertakan tulisan  PERINGATAN di bagian atas gambar.
 

Untuk gambar kedua, tampak seorang perokok yang memegang sebatang rokok sambil menghembuskan asap rokok yang membentuk tengkorak. Pada gambar terdapat tulisan MEROKOK MEMBUNUHMU

3. Gambar Kanker Tenggorokan

Gambar ketiga tidak kalah mengerikan. Tampak seorang pecandu rokok yang menderita kanker tenggorokan dengan leher bolong dan terdapat benjolan kanker yang menjijikkan.

Pada gambar terdapat tulisan besar MEROKOK SEBABKAN KANKER

4. Gambar Orang Merokok Dengan Anak di Dekatnya


Gambar keempat lebih menekankan bahaya merokok bagi orang lain, terutama anak-anak. Pada gambar tersebut, tampak seorang perokok yang menghisap rokoknya sambil menggendong anak kecil. Pada gambar terdapat tulisan MEROKOK DEKAT ANAK BERBAHAYA BAGI MEREKA.

5. Gambar Paru-Paru Yang Menghitam Karena Kanker

Merokok sangat berbahaya bagi paru-paru. Tapi banyak perokok yang tidak takut karena belum melihatnya sendiri. 
Nah, pada gambar kelima, peringatan bergambar menunjukkan dengan jelas bagaimana paru-paru si perokok menghitam karena kanker.
Pada gambar tersebut terdapat tulisan MEROKOK SEBABKAN KANKER PARU-PARU DAN BRONKITIS KRONI

 
  




  

Related : Bahaya Rokok : Gambar Baru di Bungkus Rokok

10 comments:

  1. Wah gambarnya mengerikan tuh,,,,saya sedang berusaha untuk berhenti morokok,sedikit demi sedikit,,,soalnya tidak mudah untuk meninggalkan kebiasaan merokok hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, memang ga mudah berhenti merokok. Saya jg sebelumnya perokok, lambat laun bisa jg berhenti. Di bantu makan permen. Hehehe.. Saya saja melihat gambarnya ikutan ngeri mas.. :D

      Delete
  2. saya sekarang sudah tidak merokok, tapi teman-teman saya perokok berat, sama saja saya merokok meski namanya perokok pasif. padahal perokok pasif menanggung resiko yang lebih besar ya mas, hih...ngeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas, perokok pasif lebih berbahaya di bandingkan dengan perokok berat. Tapi mau gmna lg, teman teman saya suka perokok semua. Palingan, saya mencoba menghindari asapnya saja.. :D

      Delete
  3. Wah ko kode bannernya nggak bisa di copy tuh sob,jadi saya pasang text linknya saja sob,,,,,coba deh diperiksa lagi kode bannernya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa ya mas?? Td saya coba bisa, bisa di liat di banner diatas banner mas. Di blok juga tidak bisa ya?? Waduhh, ada yang salah ini..

      Delete
    2. kalau dengan klik kanan tidak bisa, langsung Ctrl+C aja mas :)

      Delete
    3. Bener Mas Ucup, Ctrl+A, lalu Ctrl C pasti bisa mas...

      Delete
  4. semoga aja dengan adanya gambar serem tersebut bisa membuat jera para perokok ya mas, ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn, kiranya dapat membua efek jera ya mbakk.. :)

      Delete