Daftar Calon Presiden Paling Kaya

Agen Bola
KOPERASI LESTARI - Pemilihan Umum sebentar lagi akan di gelar. Pesta demokrasi terbesar di Indonesia, yang mana akan di adakan pemilihan anggota legislatif yang akan di adakan pada tanggal 9 April 2014. Siapkah anda untuk memilih?? siapa wakil anda yang akan anda pilih?? 

Begitu banyak calon Legislatif yang maju mencalonkan diri dalam pemilihan umum tahun ini, baik legislatif pusat, maupun calon legislatif kota atau pun kabupaten yang tersebar di seluruh indonesia. Yang tentunya mungkin semakin membuat kita bingung. Siapa ya yang akan saya pilih nanti??? Aahh, itu sih hak setiap warga negara mau pilih siapa. Yang penting, yang di pilih bersih, tidak korupsi dan peduli terhadap WONG CILIK.

Lalu bagaimana dengan pemilihan calon Presiden yang mana katanya akan di gelar pada bulan juli?? anda sudah punya jagoan belum?? Para calon presiden sekarang begitu gencar mencari simpati rakyat melalui media iklan, seperti televisi, radio, maupun baleho dan pamflet yang tersebar di setiap daerah dan tidak tahu berapa modal yang para calon presiden habiskan untuk maju sebagai pemenang. saling sikut, saling sodok, saling menjatuhkan, bahkan ada salah satu partai yang KATANYA merasa di khianati oleh partai lainnya yang mana pernah ada perjanjian.

Dari berbagai macam sumber dana yang ada, mau tidak mau kantong pribadi jadi pilihan utama sebelum sang calon menggalang dana dari pihak lain. Lalu bagaimana posisi kekayaan para calon presiden tersebut? Berikut adalah daftar Capres paling kaya :

Jokowi (Joko Widodo, Red) adalah calon presiden yang memiliki kekayaan yang tidak main-main. Walaupun Capres dar Partai PDIP ini memang selalu tampil sederhana dalam kesehariannya. Akan tetapi menurut Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LKHPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dilaporkan pada 31 Maret 2012, kekayaan Pak Jokowi tercatat Rp. 27,25 miliar dan US$9.876 ribu, meningkat cukup tajam jika di bandingkan pada tahun 2010 yang hanya mencapai Rp18,46 miliar dan US$9.483 ribu. Kekayaan itu beliau peroleh dari harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan yang tersebar di Surakarta, Sragen, Karanganyar, Boyolali, dan Balikpapan. Jika dijumlahkan, nilainya mencapai Rp23,740 miliar. 
 
Lalu bagaimana dengan capres dari partai lain, seperti dari Partai Demokrat?? calon presiden Konvensi Partai Demokrat, Dahlan Iskan, diketahui memiliki kekayaan sebesar Rp139,48 miliar dan US$14.704 ribu per Desember 2011. Jumlah itu, meningkat lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan dengan kekayaannya satu tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp48.84 miliar. 

Namun dalam laporan LKHPN KPK tersebut, bos Grup Jawa Pos itu belum mencantumkan kekayaan yang berasal dari benda bergerak miliknya, seperti mobil dan kendaraan bermotor lainnya.
 
Pak Aburizal Bakrie (Ical) yang mencalonkan diri melalui Partai Golkar. Jika merujuk data LKHPN KPK yang dilaporkan pada Oktober 2009, jumlah kekayaan mantan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat itu adalah Rp981,63 miliar atau turun dari dari laporan Desember 2005 yang jumlahnya sekitar Rp1,28 triliun. Sementara, menurut survei yang dilakukan Majalah Forbes, nilai kekayaan Ical pada tahun 2010 berjumlah $2,1 miliar dan merosot menjadi $890 juta pada tahun 2011. Penurunan kekayaan Ical, dalam ulasan majalah tersebut, disebabkan anjloknya harga komoditas di pasar global dan utang yang melilitnya pascakrisis 2008

Lalu, Bagaimana dengan Pak Prabowo, capres dari Partai Gerindra?? Mantan Danjen Kopassus ini memiliki harta kekayaan sebesar sebesar Rp1,57 triliun dan US$7,572 juta. Data itu, berasal dari LKHPN KPK yang dilaporkan Prabowo ketika mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden pada tahun 2009.

Jika dibandingkan dengan kekayaannya pada tahun 2003, angka itu meningkat lebih dari 150 kali lipat. Data LKHPN KPK tahun 2003 menyebut, kekayaan Prabowo hanya sebesar Rp10,15 miliar dan US$416.135 ribu. Mantan Pak Danjen ini tercatat pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Tidar Kerinci Agung, Presiden dan CEO PT Nusantara Energy, Presiden dan CEO PT Jaladri Nusantara, serta Komisaris Perusahaan Migas asal Kazakhstan, JSC Karazhanbasmunai. Keren.. :D

Sedangkan calon presiden dari partai Hanura, Wiranto, diketahui memiliki kekayaan mencapai Rp81,74 miliar dan $378.625 ribu pada tahun 2009. Jumlah itu dilaporkan Wiranto saat mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden mendampingi Jusuf Kalla. Kekayaan tersebut meningkat hampir dua kali lipat jika dibandingkan laporan kekayaannya pada tahun 2004 yang jumlahnya sebesar Rp46,21 miliar.

Demikianlah Para Calon Presiden Paling Tajir di Indonesia



BACA JUGA :

Jokowi Nyapres, Hitler Malah Ngamuk

Related : Daftar Calon Presiden Paling Kaya