Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Agen Bola
KOPERASI LESTARI - Sembilan unit pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro yang difasilitasi Kementerian Koperasi dan UKM di berbagai daerah perdesaan, terbukti mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat melalui pengelolaan usaha kelistrikan. 

Deputi Bidang Produksi Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta, mengemukakan meski kapasitas tenaga listrik dari masing-masing unit belum terlalu besar, akan tetapi mampu mendongkrak perekonomian masyarakat dan anggota koperasi sebagai pengelola.

”Dari beberapa unit yang sudah beroperasi, tarifnya juga masih bervariasi dimulai dari Rp10.000 hingga Rp30.000, disesuaikan dengan jumlah pemakaian listrik untuk komponen alat-alat rumah tangga maupun penggunaan televisi,” katanya kepada Bisnis, Senin (10/03).

Besaran daya untuk rumah tangga rata-rata sebesar 0,5 amper atau setara dengan 100 watt. Selain melahirkan tenaga kerja sebagai pengelola Pembangunan Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLMTH), juga mengoptimalkan kinerja pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) setempat.

Untuk operasional PLTMH Gampoeng Pucuk di Pidie, Aceh misalnya, menggunakan jasa 6 orang SDM, masing-masing 2 operator, 2 pada jaringan distribusi, dan masing-masing 1 orang untuk tenaga administrasi serta keamanan.

Salah satu industri yang berkembang pesat di desa Gampoeng Pidie adalah kopi hasil perkebunan setempat. Selain memanfaatkan listrik menjadi sumber penggerak mesin pengupas kopi, warung masyarakat juga sudah beroperasi sampai malam.

Adapun total rumah, termasuk warung yang memanfaatkan listrik yang bersumber dari PLTMH yang dikelola koperasi, sebanyak 114 rumah. Sedangkan tarif sementara yang disepakti bersama untuk setiap rumah sebesar Rp10.000.

Pembangunan PLTMH Sabana di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, mampu menerangi sekitar 80 rumah tangga dan pelaku usaha mikro dan kecil. Tarif per bulan dikenakan sebesar Rp20.000, dan bagi rumah tangga yang menggunakan televisi lebih besar, yakni Rp30.000.

”Tenaga kerja yang diserap pada proyek tesebut sebanyak 20 orang. Termasuk pada industri pengolahan kopi yang menjadi komoditas andalan masyarakat setempat. Ini sangat memuaskan, karena kehadiran PLTMH Sabana mampu meningkatkan kegiatan ekonomi lokal.”

Operasioal PLTMH Betteng di Enrekang, Sulawesi Selatan berhasil mengaliri sebanyak 115 rumah tangga dengan kapasitas 200 watt, sedangkan tarif yang diberlakukan antara Rp15.000 hinggs Rp30.000. Hasil produksi di Desa Betteng adalah kopi sehingga mampu meningkatkan aktivitas usaha masyarakat UMK.

Ke-9 PLTMH Yang Dibangun Kemenkop dan UKM
-----------------------------------------------------------------------------
Nama                              Wilayah                 Provinsi
-----------------------------------------------------------------------------
Gampoeng Pucuk            Pidie                      Aceh
Sabana                          Sumbawa               NTB
Betteng                        Enrekang                Sulsel
Perpana                        Mamasa                  Sulbar
Liki                               Solok                     Sumbar
Napajoring                    Tobasa                   Sumut
Apui                             Alor                        NTT
Rondowoing                 Manggarai              NTT
Marsiurupan          Angkola-Mandailing    Sumut





Sumber : Bisnis Indonesia Online

Related : Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Tingkatkan Ekonomi Masyarakat